Senin, 16 Juli 2018

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH

PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH
Sub Tema : Melayani dengan Kasih



Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Dihari yang kedua ini kami melaksanakan MPLS dengan sub tema MELAYANI DENGAN KASIH. Di dalam subtema tersebut kita akan menekankan pembiasaan 5S (senyum,salam, sapa, syukur, santun)  kepada para siswa. Kegiatan pagi ini kelas III SDK Wonosari II dengan kegiatan rutin (berbaris, salam kepada bapak guru, berdoa, dll). Sebelum masuk ke materi kami mengulas pertemuan kami sehari sebelumnya yaitu tentang simbol/lambang dari Kanisius. Beberapa siswa maju kedepan untuk menjelaskan apa makna dari lambang Kanisius. Setelah itu kami berkomitmen untuyk mewujudkan apa yang ada dalam lambang Kanisius tersebut. Salah satunya adalah dengan literasi yang akan kami laksanakan setiap hari (kecuali hari Senin). Rencana kami setelah membaca beberapa dari kami meju kedepan kelas untuk menceritakan apa yang telah kami baca. Masuk kedalam materi 5S, saya dan para siswa berdiskusi apa itu senyum, salam, sapa, syukur, dan santun. Setelah siswa paham apa itu 5S maka para siswa menuliskan komitmen mereka didalam buku. Komitmen itu terkait dengan apa saja yang akan mereka kerjakan atau lakukan untuk mewujudkan 5S.
Dari berbagai komitmen yang tertulis dan sempat saya baca, komitmen siswa banyak kesamaan diantaranya :
  1. Akan selalu tersenyum kepada semua orang yang mereka jumpai.
  2. Akan selalu menyapa dan mengucapkan salam kepada orangtua, teman dan bapak/ibu guru.
  3. Akan selalu mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu dirumah karena telah memberikan uang saku dan berbagai kebutuhan.
  4. Akan selalu mengucapkan terima kasih kepada orang lain yang telah membantu kita.
  5. Akan selalu sopan dan santun kepada semua orang.
  6. Akan mendengarkan jika bapak/ibu guru menerangkan
  7. Akan seau menghrmati teman dan tidak saing mengejek
Semoga komitmen siswa tersebut selalu diingat dan dilaksanakan sebagai bentuk pembentukan karakter siswa. Kegiatan kami hari ini kami tutup dengan bernyanyi dan berdoa. Amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar