Kamis, 19 Juli 2018

Kegiatan Pagi Literasi

LITERASI

Literasi merupakan sebuah program pembiasaan membaca anak sebelum pembelajaran dimulai. Tapi bagi saya ini bukan sekedar pembiasaan membaca tetapi sebuah kesempatan untuk memberikan bimbingan ke anak agar anak mampu mengambil inti sari dari sebuah bacaan.
Kegiatan literasi pagi ini memang tanpa persiapan. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan niat melaksanakan literasi. Tidak berpikir panjang langsung mencari bahan literasi. Alhasil yang ada hanya setumpuk koran bekas. Tapi gak jadi masalah...ambil koran dibagikan ke seluruh anak-anak. Setelah beberapa saat tanpa ada pemberitahuan sebelumnya satu anak saya ajak kedepan untuk menceritakan apa yang dia baca. Hasilnya.....gak tau...bingung....

Setiap membaca bertanyalah pada dirimu sendiri...
Setelah aku baca maka aku jadi tau bahwa ......................

Pertanyaan itu dilontarkan ke siswa, dan diberikan waktu untuk kembali membaca. Alhasil ....wow...

Lala : Aku jadi tau jika gigi perlu perawatan, aku jadi tau kalau harus sikat gigi secara teratur, aku jadi tau kalau harus sikat gigi sebelum tidur.

? (Lupa maklum guru baru) : Aku jadi tau jika api obor asian games diambil dari India, aku jadi tau asian games tahun ini dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

Deven : Aku jadi tau cara-cara merawat kesehatan mata, aku jadi tau jika membaca tidak boleh terlalu dekat...

Dan ada beberapa lagi siswa yang maju, yang awalnya takut maju akhirnya dengan sendirinya mereka menawarkan diri untuk bercerita apa yang telah mereka baca.

Pembiasaan membaca, membaca dengan benar, dan meningkatkan kepercayaan diri untuk maju kedepan....

Good luck my student......love you.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar